MENU

Contact us

GMAIL YAHOO FACEBOOK

Help

ABOUT

Search

Go

Image Gallery

HOME DAFTAR ISI WATCH NARUTO

TRANSLATE

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Minggu, 29 Mei 2011

BILANGAN DIGITAL

Didalam pemrograman dengan bahasa assembler, bisa digunakan berbagai jenis bilangan. Jenis bilangan yang bisa digunakan, yaitu: Bilangan Biner, Oktaf, Desimal dan Hexadesimal. Pemahaman terhadap jenis-jenis bilangan ini adalah penting, karena akan sangat membantu kita dalam pemrograman yang sesungguhnya. 

        i.            Bilangan Biner 

Sebenarnya semua bilangan, data maupun program itu sendiri akan diterjemahkan oleh komputer ke dalam bentuk biner. Jadi pendefinisisan data dengan jenis bilangan apapun (Desimal, oktaf dan hexadesimal) akan selalu diterjemahkan oleh komputer ke dalam bentuk biner. Bilangan biner adalah bilangan yang hanya terdiri atas 2 Angka, yaitu 0 dan 1. 

      ii.            Bilangan Desimal 

Tentunya jenis bilangan ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Bilangan Desimal adalah jenis bilangan yang paling banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kebanyakan orang sudah akrab dengannya. Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri atas 10 buah angka yaitu angka 0-9. 

    iii.            Bilangan Oktal 

Bilangan oktal adalah bilangan dengan 8 angka, artinya angka yang dipakai hanyalah antara 0-7. Seperti halnya seperti tangga nada dalam suatu irama. Karena basis 8, maka 1 angka pada oktaf akan menggunakan 3 bit.

     iv.            Bilangan Hexadesimal 

Bilangan hexadesimal merupakan bilangan yang berbasis 16. Dengan angka yang digunakan berupa: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F. Dalam pemrograman assembler, jenis bilangan ini boleh dikatakan yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan mudahnya pengkonversian bilangan ini dengan bilangan yang lain, terutama dengan bilangan biner dan desimal. Karena berbasis 16, maka 1 angka pada hexadesimal akan menggunakan 4 bit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar