MENU

Contact us

GMAIL YAHOO FACEBOOK

Help

ABOUT

Search

Go

Image Gallery

HOME DAFTAR ISI WATCH NARUTO

TRANSLATE

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Rabu, 25 Mei 2011

JENIS KOMPUTER


a.    Super Komputer
 

                   Gambar di bawah ini adalah sebuah super computer yang diproduksi oleh perusahaan American Cray Coorporation. Super computer ini merupakan computer paling cepat di dunia dengan kemampuan melakukan 800 juta instruksi per detik dan akan terus meningkat sampai mendekati satu milyar dalam beberapa tahun mendatang. Karena kecepatannya sangat tinggi, computer ini digunakan oleh organisasi-organisasi besar, seperti NASA dan Met Office untuk melakukan simulasi computer dan juga oleh perusahaan besar, seperti ICI dan universitas-universitas terkemuka untuk keperluan penelitian.

b.    Mainframe
                   Computer yang berukuran satu ruangan penuh ini biasanya digunakan oleh organisasi besar, seperti bank, jaringan supermarket, dan departemen-departemen pemerintah. Computer ini dapat menangani pengolahan informasi yang jumlahnya sangat banyak dengan kecepatan tinggi dan memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Harganya sekitar ratusan ribu dolar atau lebih. Computer Mainframe biasanya terhubung ke banyak terminal (terdiri dari screen dan keyboard), seperti yang biasa kita lihat di bank. Jadi, kita tidak dapat menggunakan langsung computer ini, melainkan melalui terminal-terminal.
Ada dua macam terminal, yaitu :
                                       i.              Dumb terminal
                   Terminal yang tidak memiliki mikroprosesor internal sehingga tidak bisa melakukan pengolahan data. Terminal ini hanya berfungsi untuk menginput data dan menampilkan hasil prosesnya yang dilakukan oleh Mainframe.
                                      ii.              Intelligent terminal
                   Terminal yang memiliki memori dan prosesor sendiri sehingga dapat melakukan beberapa fungsi pemrosesan secara local.
c.     Mini Komputer
Sebuah minicomputer  dapat mengerjakan tugas yang sama seperti mainframe tapi dalam skala yang lebih kecil. Minicomputer digunakan ketika computer mainframe dirasa terlalu mahal namun pekerjaannya tidak bisa ditangani oleh personal computer. Biasanya digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah. Minicomputer pada gambar di samping ini digunakan pada jaringan local dengan jumlah pemakai tidak lebih dari 60 orang.
d.     Personal Komputer (Mikro Komputer)
Personal Komputer biasanya disebut PC. PC dibuat oleh banyak perusahaan di dunia. PC biasanya disebut IBM-compatible computer. Hal ini mengindikasikan walaupun dibuat oleh perusahaan yang berbeda-beda, mereka dapat menjalankan program dan aplikasi yang sama seperti computer yang dibuat oleh IBM, perusahaan Amerika yang PC-nya menjadi standar untuk kepentingan bisnis.
Selain PC, juga ada computer Macintosh, yang menggunakan system operasi yang berbeda dan hanya dibuat oleh perusahaan Apple. PC dapat dihubungkan bersama dalam jaringan (Network) yang berguna agar dapat menggunakan program dan informasi bersama-sama antar pemakai.
e.    Laptop
                   Komputer ini kecil portable ( mudah dibawa ), berukuran sekitar 40 cm X 30 cm. Ciri-ciri computer ini memiliki layar dan keyboard yang kecil. Beberapa laptop dapat dihubungkan baik secara langsung maupu docking station  ( alat koneksi ) ke monitor dan keyboard standar.
f.     Palmtop
                   Palmtop merupakan computer genggam yang seukuran tangan dan sering kali disebut notepads. Ukuran layar dan keyboardnya yang kecil membatasi kemampuanya. Biasanya dapat digunakan sebagai organizer.  Saat ini palmtop termasuk salah satu jenis computer yang paling popular dan banyak diminati orang. File-file yang ada dapat ditrasfer ke computer PC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar