MENU

Contact us

GMAIL YAHOO FACEBOOK

Help

ABOUT

Search

Go

Image Gallery

HOME DAFTAR ISI WATCH NARUTO

TRANSLATE

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Kamis, 26 Mei 2011

SISTEM OPERASI


Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Sistem Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi. Sistem Operasi dibagi menjadi 2 Type, yaitu OS Berbasis Text dan OS berbasis GUI (Grafik Unit Interface).
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1.       Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2.       Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3.       Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4.       Menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5.       Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
a.         Apple
Apple, Inc. (Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan Silicon Valley berbasis di Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
b.        Microsoft
Microsoft adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang Software. Orang yang membangun dan menciptakan Microsoft adalah Bill Gates. Produk yang dibuat oleh Microsoft diantaranya adalah :
                           i.            Windows 98
Windows 98 adalah salah satu produk OS Microsoft Windows yang dikeluarkan pada tahun 1998 dan diperbaiki ulang/service pack dan disebut Win98SE. Masih banyak produk lain dari Windows sebelum dikeluarkannya Win98 seperti Win 3.1, Win 95 dll.
                          ii.            Windows XP
Windows XP adalah suatu sistem pengoperasian (operating system) yang paling banyak dipakai sampai saat ini karena selain kemudahan dalam pemakaiannya Windows XP digunakan sebagai standarisasi pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolahan dan perguruan tinggi pada umumnya. Win XP dikeluarkan pada tahun 2001. Ada beberapa jenis Windows XP diantaranya Windows XP Professional, Home Edition, Media Center Edition, Tablet PC Edition, Starter Edition, Professional x64 Edition, Professional 64-bit Edition For Itanium
                        iii.            Windows 7
Windows Seven adlah Sistem Operasi Terbaru yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 2009. Dengan kemudahan dan fasilitas yang begitu indah hingga membutuhkan spesifikasi hardware yang besar. Sistem Operasi ini sangat cocok untuk kegiatan multimedia seperti membuat animasi, video, game, dll.
c.         Linux
Linux  adalah nama komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Kode Sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric. Distro-distro yang mengembangkan Linux diantaranya :
                     i.            Mikrotik
MikroTik Router OS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.
                    ii.            Debian
Debian adalah sistem operasi bebas yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela(pengembang Debian) yang tergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.
                  iii.            Suse
SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional, adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System-Entwicklungsgesellschaft mbH, Nürnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan -sistem). SUSE Linux awalnya merupakan distro Slackware terjemahan bahasa Jerman. Ada informasi tidak resmi yang mengatakan bahwa S.u.S.E berhubungan dengan ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse karena pengucapan namanya yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar