MENU

Contact us

GMAIL YAHOO FACEBOOK

Help

ABOUT

Search

Go

Image Gallery

HOME DAFTAR ISI WATCH NARUTO

TRANSLATE

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Sabtu, 28 Mei 2011

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI

A.      Internet
Internet adalah sebuah jaringan global computer yang terhubung melalui jaringan telekomunikasi di seluruh dunia. Sebuah computer yang terhubung dengan internet dapat memberikan kepada pemakainya akses yang sangat luas dalam memperoleh informasi dan dalam sekala yang tidak dimungkinkan sebelumnya.

a.       E-Mail
E-Mail singkatan dari Electronic Mail yang berarti surat elektronok yang sering digunakan dalam jaringan. Pesan-pesan dapat disebarluaskan dalam waktu sekejap denga biaya yang minimal, Dokumen maupun file pun dapat dilampirkan dalam pesan e-mail dapat dikirimkan pada alamat manapun di belahan dunia. Jangkauan murah, dan pertukaran pesan dapat dilakukan dengan cepat.
b.      World Wide Web
World wide web saat ini merupakan perpustakaan informasi besar, yang memunkinkan setiap individu atau kelompok berkomunikasi secara global. WWW telah dipergunakan oleh unuversitas, agen pemerintah, perpustakaan perusahaan komersial atau individu.
c.       Serach Engine
Serach engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
d.      Blog
Blog adalah singkatan dari Web Log . Istilah blog itu sendiri di munculkan oleh John Barger pada tahun 1997 untuk menyebut website pribadi yang selalu di update secara kontinyu. Tahun 1998 hanya ada beberapa blog karena dibutuhkan keahlian pemrograman html untuk untuk membuat blog selain itu juga diperlukan biaya untuk membuat blog. Tahun 1999 berdirilah www.blogger.com yang menyediakan layanan html yang gratis dan mudah.
e.      Social networking
Social Networking adalah suatu web yang bertujuan untuk kepentingan social yang biasa digunakan untuk kumpulan komunitas dan teman-teman agar dapat saling berkomunikasi dan berdiskusi. Manfaat dari social networking begitu banyak tetapi ada juga yang memanfaatkan sisi negatifnya. Contoh dari social networking adalah : facebook.com, friendster.com, myspace.com, dll.
B.      Intranet
Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar