MENU

Contact us

GMAIL YAHOO FACEBOOK

Help

ABOUT

Search

Go

Image Gallery

HOME DAFTAR ISI WATCH NARUTO

TRANSLATE

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Sabtu, 28 Mei 2011

SOFTWARE

Software Komputer dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Software yang digunakan oleh computer iru sendiri disebut Software Sistem ( System Software), dan software yang  digunakan oleh pengguna yang disebut Software Aplikasi ( Application Software).
a.      Software Sistem adalah system operasi yang menangani Instruksi sehingga membuat Komputer bisa Berjalan dengan baik.
b.      Software apikasi adalah Software yang diaplikasikan dalam membantu pekerjaan kita sehari-hari, Seperi Word Processins, Ms. Office, Game, Software Multimedia.
Software juga memiliki beberapa tipe dan jenis tergantung fungsi dan tujuan dibuatnya, maka dari itu banyak Programmer yang menciptakan Software untuk memudahkan kita sebagai pengguna untuk melakukan kegiatan sehari- hari.
                           i.            BIOS (Basic Input Output System)
BIOS adalah software yang dipasang pada chip computer untuk mengatur operasi dasar seperti input, output, hardisk, memory, VGA, dll. BIOS terdapat didalam ROM (Read Only Memory) yang tersimpan secara permanen. BIOS juga disebut sebagai Firmware.



                         ii.            Freeware
Freeware adalah program yang didistribusikan secara bebas atau gratis, tanpa ada batas waktu penggunaan. Beberapa pembuat program Freeware biasanya meminta masukan dari pengguna untuk penyempurnaan software tersebut, contoh dari software ini diantaranya CCleaner, Winamp, Mozilla Firefox dll.
                       iii.            Shareware
Program Shareware biasanya didistribusikan melalui internet, program ini adalah program yang memungkinkan pengguna untuk mencobanya selama periode tertentu sebelum diakukan pembelian, setelah batas periode habis, biasanya sebagian fungsi dari program ini bahkan semuanya tidak dapat digunakan, dan untuk dapat menggunakanya kembali maka pengguna harus membeli program ini pada pembuatnya, Contoh Dari Program ini adalah Corell Draw, 3D Max, Tune Up dll.
                       iv.            Utility
Utility adalah Software Yang digunakan untuk perawatan Software Komputer, Software ini memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya, seperti CCleaner yang digunakan untuk Membersihkan data-data atau file-file yang kotor, dan memperbaiki Registry, Disk Defragmenter yang digunakan untuk mempercepat kinerja Hardisk, dan System Restore yang digunakan untuk memback up data dan mebgembalikan system ke awalnya.
                         v.            Malware
Malware adalah suatu program yang diciptakan untuk mengganggu system computer, baik untuk menghancurkan data, merusak data, ataupun mengganggu software lain atau program yang sedang berjalan. Suatu program dapat dikatakan sebagai Malware apabila memenuhi beberapa kriteria berikut:
·         Kemampuan untuk mendapatkan informasi
·         Kemampuan untuk memeriksa suatu file
·         Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri
·         Kemampuan melakukan manipulasi
·         Kemampuan untuk menyembunyikan diri
Salah satu bentuk Malware seperti Spam walaupun bebentuk mail atau pesan tetapi tetap mengganggu karna isi pesan dari spam berisi dari bermacam-macam data tidak dikenal yang mungkin dapat berisi Virus. Malware terdiri dari beberapa jenis, yaitu diantaranya:
a)      Virus
Virus adalah sebuah program yang dapat menginfeksikan atau menulari program-program lain, virus ini dapat merubah, memanipulasi bahkan merusak program yang ada pada computer. Virus layaknya virus biologi harus memiliki media untuk dapat menyebar, virus komputer dapat menyebar ke berbagai komputer/mesin lainnya juga melalui berbagai media, diantaranya  Disket, media storage R/W , Jaringan ( LAN, WAN,dsb), WWW (internet), Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan, Attachment pada email, transfering file.



b)      Spyware
Spyware adalah program yang dibuat oleh seorang programmer yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi ataupun mencari data dari suatu computer ataupun jaringan computer guna untuk menghancurkan system computer jaringan ataupun tujuan lain seperti mencuri email dan password user/admin.
c)       Worm
Suatu program yang memperbanyak dirinya , sehingga hardisk menjadi penuh dan menimbulkan crash (hanging), dan membuat server harus merestart. Worm juga dapat menghabiskan bandwith yang tersedia. Bandwith adalah ruangan kosong yang tersedia pada suatu jaringan untuk menjelajahi www, orang biasa memahami bandwith dengan sebutan kecepatan jaringan.
d)      Thorjan Horse
Thorjan Horse adalah sebuah software yang mencurigakan, dan dapat merusak software atau jaringan. Thorjan Horse biasa disebut stealth karena program ini tidak terlihat pada file manager. Torjan tidak dapat memperbanyak diri namun Thorjan dapat mencuri file system yang berupa password. Kadang program ini dapat memformat suatu file ataupun merusaknya.
e)      Adware
Adware adalah suatu  program yang berisi game atapun iklan yang bertujuan mempromosikan suatu layanan jasa/ komersil. Biasanya sering terjadi saat kita mendownload file dari internet ataupun saat kita browsing, tiba-tiba muncul iklan tanpa kita inginkan (otomatis).


                           i.            Multimedia
a)      Adobe Photo Shop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.
b)      3D Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
c)       Corell Draw
Corelldraw adalah aplikasi multimedia dasar yang dibentuk dari gambar 2 (dua) dimensi, biasanya membuat objek dengan coreldraw sangatlah sulit karena membutuhkan seni dan ketelitian dalam menggunakan mouse. Biasanya coreldraw digunakan oleh percetakan untuk membuat yassin, baligho, spanduk, stiker, logo, dll.
d)      Adobe Flash MX
Adobe Flash MX adalah software dari perusahaan adobe yang digunakan untuk membuat effek animasi dalam kartun, membuat gerakan gerakan dari suatu objek.



                           i.            Programmer
a)      Algoritma
Algoritma adalah urutan/ langkah logis pengambilan keputusan atau pemecahan masalah. Ditemukan oleh Ilmuan muslim yang bernama Uhmmadibnu Musa Al-Khwarizmi. Algoritma dapat dituliskan menggunakan bahasa sehari-hari atau menggunakan symbol, dan lain-lain. Dalam Algorimta terdiri dari Judul, Deklarasi dan Deskripsi, dari masing-masing bagian memiliki urutan dan fungsi tersendiri antara lain:
·         Judul : Berisi dari judul sebuah program
·         Deklarasi : Berisi bagian - bagian penting dalam program
·         Deskripsi : Hasil dari sebuah program.
b)      Flowchart
Flowchart adalah representasi grafis dari langkah – langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing – masing simbol merepresentasikan kegiatan tertentu. Flowchart diawali dengan penerimaan input dan diakhiri dengan penampilan output. Sebuah flowchart pada umumnya tidak menampilkan instruksi bahasa pemrograman, namun menetapkan konsep solusi dalam bahasa manusia ataupun notasi matematis.
c)      Bahsa Program C++
C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang powerful untuk membuat sebuah program. C++ adalah sebuah bahasa tingkat menengah yang merupakan perkembangan dari bahasa C, dimana bahasa ini merupakan bahasa pemrograman berorentasi objek (tidak seperti pendahulunya, C). Dikatakan menengah karena bahasa ini berada di antara bahasa tingkat tinggi dan rendah. Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang lebih “manusawi”, karena perintah – perintah dari bahasa ini lebih berorientasi kepada bahasa manusia. Visual Basic (VB) dan Pascal adalah dua dari beberapa contoh bahasa tingkat tinggi. Sedangkan bahasa tingkat rendah adalah bahasa yang lebih berorientasi kepada bahasa mesin sehingga bahasa ini tidak terlalu “manusiawi”. Contoh dari bahasa tingkat rendah ini adalah Assembly.
d)      Java Development Kit
Java  development Kit (JDK) suatu bahasa pemrograman java untuk membuat suatu aplikasi. Biasanya JDK digunakan untuk membuat aplikasi untuk handphone/ membuat game handphone. JDK memuat program dan library yang dibutuhkan untuk meng compile dan melaunch program java. Dua program utama JDK adalah javac dan java.
e)      Delphi
Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa procedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur. Ada jenis pemrograman non-prosedural seperti pemrograman untuk kecerdasan buatan seperti bahasa Prolog. Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah-perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual. Delphi adalah produk dari Borland yang awalnya dari bahasa pemrogramman Pascal.
f)       Assembler
Assembler adalah bahasa tingkat rendah yang mendekati bahasa mesin, hingga sulit dipahami oleh manusia pada umumnya. Assembler adalah inti dari sebuah system computer. Orang – orang yang mengusai bahasa ini dapat membuat suatu program sulit ataupun membuat Sistem Operasi.
g)      Web Programmer
1)      Html
Html (Hyper Text Markup Language)  adalah dokumen - dokumen dalam web yang ditulis dalam bahasa computer dan menghasilkan perintah/instruksi kita dari bahasa mesin menjadi sebuah halaman yang biasa dibuka dalam Web Browser/Situs.
2)      Php
Php (personal home page) adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua syntax yang kita berikan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirim ke browser hanya hasilnya saja.
3)      Java Scrip
 Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.
Javascript bergantung kepada browser (navigator) yang memanggil halaman web yang berisi skrip skrip dari Javascript dan tentu saja terselip di dalam dokumen HTML. Javascript juga tidak memerlukan kompilator atau penterjemah khusus untuk menjalankannya (pada kenyataannya kompilator Javascript sendiri sudah termasuk di dalam browser tersebut). Lain halnya dengan bahasa “Java” (dengan mana JavaScript selalu di banding bandingkan) yang memerlukan kompilator khusus untuk menterjemahkannya di sisi user/klien.
4)      Apache
Apache adalah suatu program Web Server yang berfungsi sebagai software yang melayani fasilitas browser agar kita dapat membuat Web local host dalam suatu jaringan local. Apache memudahkan kita membuat suatu Web Server, membuat layanan database, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar